Kamis, 11 Desember 2008

Plurk - Lifeline of nggy (Pertekom Project- Me n my techno)

Teknologi tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Zaman dulu, manusia pun sudah menggunakan teknologi – teknologi. Sekalipun sederhana dan masih analog, tapi teknologi cukup membantu manusia dalam aktivitas sehari –harinya. Zaman sekarang teknologi digital bukan lagi menjadi sebuah new media. Digitalisasi bukan merupakan hal yang baru lagi. Hanya dalam perkembangannya, teknologi semakin pintar dan canggih.

Masyarakat sekarang membutuhkan handphone sama pentingnya dengan membutuhkan makanan. Artinya, di dalam masyarakat modern, usaha pemenuhan kebutuhan tidak lagi berpusat pada pemenuhan kebutuhan fisik saja. Menurut Abraham Maslow, tingkatan kebutuhan manusia dari yang terpenting adalah kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan dan keselamatan, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, kebutuhan aktualisasi diri. Dan masyarakat modern sudah sampai pada fokus pemenuhan kebutuhan yang terakhir, yaitu aktualisasi diri. Aktualisasi diri dianggap sebegitu pentingnya, sehingga usaha untuk memenuhi kebutuhan ini pun juga meningkat drastis.

Aktualisasi diri yang dilakukan masyarakat modern dan kaum intelektual seperti mahasiswa misalnya, tidak hanya terbatas pada lingkungan di mana ia tinggal. Saat ini tren yang terjadi di kalangan generasi muda sebagai generasi yang aktif dan dinamis, adalah mereka berusaha untuk mengaktualisasikan diri mereka di lingkup yang lebih luas, Indonesia, atau bahkan internasional.

Banyak kendala yang hadir di dalamnya, yaitu: faktor jarak, faktor dana, faktor kurangnya link atau koneksi atau jaringan sosial yang dikenal, dsb. Dari sini lah teknologi hadir untuk mengatasi kendala – kendala tersebut. Social Networking seperti friendster, facebook, hi-5, dsb, tidak hanya membantu seseorang dalam usaha pemenuhan kebutuhan akan aktualisasi diri namun juga hadir sebagai digital entertainment bagi penggunanya. Tidak cukup hanya itu, kemudian muncul teknologi blogging, di mana seseorang dapat mempublikasikan jurnal atau apapun yang ingin ditulisnya, dan dalam waktu singkat, seantero dunia dapat membacanya.

So, WHAT IS PLURK??

Kata Benda. plurk (plüer-kh) - adalah website nyaman yang memperbolehkan anda untuk menunjukkan peristiwa yang membuat hidup anda bagaikan daging yang enak dan gampang untuk dicerna. Rendah lemak, 5 kalori pada setiap pelayanannya, mempunyai manfaat yang banyak.

Kata Kerja. plurk (plüer-kh) - Untuk mencatat segala peristiwa yang anda lakukan, kumpulan-tindakan, buku cerita, pesona hidup.


Plurk, sebuah situs penyedia teknologi micro-blogging hadir melengkapi sederetan teknologi lainnya. Plurk merupakan teknologi blog sederhana yang tidak membutuhkan waktu yang lama atau konsentrasi yang tinggi dalam penggunannya. Beda halnya dengan normal blogging seperti blogspot atau wordpress, kita tidak perlu mengatur lay out halaman plurk kita. plurk juga memiliki themes dan skin yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Yang menarik dari plurk adalah sistem karma. Layaknya sebuah game yang memiliki level tertentu, plurk pun demikian. Karma adalah suatu sistem poin yang menunjukkan level pengguna. Semakin sering kita posting, semakin rutin kita menggunakan plurk, maka poin karma kita bertambah. semakin tinggi karma, semakin menarik fasilitas yang didapatkan. misalnya dengan karma 40, kita bisa mendapatkan extra emoticon, atau dengan meng-invite 10 orang kita akan mendapatkan exclusive emoticon.

Urgensi plurk bagi kehidupan saya sangat penting. saat ini selain handphone, teknologi yang paling saya sering gunakan adalah plurk ini. bagi saya plurk adalah buku harian digital saya. bedanya, buku harian saya ini bisa dilihat dan direspon oleh siapapun. Plurk ini mampu menolong saya untuk mengingat lifeline saya. Sebenarnya bukan hanya saya saja yang diuntungkan, teman - teman saya dapat mengetahui keadaan saya cukup dengan membaca daily plurk saya.

Plurk memiliki kelebihan dibandingkan dengan chatroom seperti msn atau Yahoo Messenger. plurk mencatat detail setiap postingan kita. Jadi saat menggunakan plurk, kita bisa melihat perjalanan hidup kita dengan lengkap dan mudah.

Menjadi pengguna plurk pun salah satu usaha (atau secara tidak sengaja) mendukung aktualisasi diri kita. dengan plurk, kita akan menjadi populer seketika. Selain itu plurk juga bisa menjadi sarana komunikasi dunia maya.

DAMPAK negatif PENGGUNAAN PLURK

Pertama : KECANDUAN!! Jadi berhati - hatilah dalam penggunaan plurk. saya menduga karma membuat pengguna termotivasi (atau kecanduan?) untuk selalu menggunakan plurk. Mari kita melihat gejala atau tanda - tanda orang yang kecanduan plurk.
  1. Mengeluh jika karma turun
  2. Mengeluh juga jika kenaikan karma kurang signifikan
  3. Iri dengan HP teman yg bisa dipakai mobile plurking
  4. Lupa punya akun lain di berbagai situs jaringan sosial, atau jadi tidak aktif mengunjunginya lagi.
  5. Kerjaan terabaikan
  6. Kemampuan multitasking meningkat
  7. Responses minded, selalu ingin mendapatkan jumlah respon yang banyak.
  8. Semua respon kita kurang atau sama dengan 140 character, termasuk spasi dan tanda baca
  9. berharap selalu bisa memiliki waktu luang untuk sekedfar mengecek respon orang terhadap plurk kita
  10. Lupa nyalain Instant Messengers, lupa cek e-mail dan lupa cek blog karena sudah terlanjur membuka Plurk
  11. Selalu berusaha mencari koneksi Internet demi plurking
  12. Diskusi soal thesis lewat plurk
  13. Menghalalkan segala cara demi menaikkan karma
  14. membuka halaman plurk pertama kali saat sedang online
  15. Mulai komen di situs lain dengan pola: (nama) bilang: bla bla bla
Kedua, Manajemen waktu mulai tidak terkontrol karena adanya dorongan atau keinginan untuk terus menggunakan teknologi plurk.

ketiga, waktu kuliah tersaingi oleh waktu plurking. Tidak bisa dipungkiri, aktivitas plurking memang sangat mudah dan fleksibel untuk diakses. Oleh karena itu, di saat kuliah pun, mahasiswa dengan bebasnya dapat melakukan mobile plurking. Apalagi hal ini didukung dengan teknologi mobile plurk yang sangat ringan, sehingga tidak membutuhkan kapasitas gprs atau koneksi lain yang berat, akibatnya mobile plurking menjadi sangat murah.

ke empat, ruang privasi menjadi tidak lagi "privasi". Semua orang dapat melihat bahkan mengomentari plurk kita.

DAMPAK POSITIF PENGUNAAN PLURK

  1. Plurk merupakan sarana komunikasi dunia maya yang efisien dan praktis
  2. Plurk melatih kepekaan sosial. Penggunaan plurk membuat sesorang belajar untuk merespon posting orang lain.
  3. Plurk melatih seseorang untuk open minded
  4. Plurk membuka public discussion room
  5. Plurk merupakan sumber informasi (termasuk gosip) yang cepat.
  6. Plurk membantu sesorang untuk mengaktualisasikan diri, menambah prestise dan gengsi.
Intinya, plurk (atau teknologi apapun di dunia) akan berguna dan membawa dampak positif jika digunakan dengan benar. penggunaan plurk dengan cara dan porsi yang tepat pasti akan memberi banyak keuntungan untuk kita.

JADI, SUDAHKAH KITA SIAP UNTUK NGE-PLURK DENGAN TEPAT??

5 komentar:

Jendela Informasi mengatakan...

Weh.. bagus y blog kalian.. ayo cpt diselesaikan.. mau baca..
hehehe, yah, plurk memang skarang udah mulai menjamur, tapi, yah.. masih ada yang belum ngeri juga cara pakainya kyk kita.. hahahaha.
mungkin bisa lebih diajarin lwt blog kalian..
hehehehe
GBU

Bloggering The Blog mengatakan...

Mantap mentong, blognya cukup aktual, topik yang dibahas rupanya topik yang lagi ngetrend dalam teknologi informasi sekarang ini apalagi internet, yang dari anak-anak sampai orang dewasa tahu bagaimana menggunakannya.

Sekian dulu ya, ditunggu kelanjutannya.

OdiE_Nut2 mengatakan...

karena saya juga ada keperluan maka akan dilanjutka beberapa menit lagi..

comment under constraction..

OdiE_Nut2 mengatakan...

hehe,,just kid..
menurut kami,,blog km udah variatif
dalam arti beda dari yang lain lah..

gambar pertama yang keluar juga cukup shocking..

berpotensi lah..
sip2..

Anonim mengatakan...

Sebenarnya saya tidak suka dunia internet, pusink, harus klik ini dan itu, banyak tombol, banyak aturan, bikin mata lelah liat layar terus, and kebanyakan menggunakan bahasa Inggris, jadi agak males baca. Tapi melalui program ini, saya dibantu banyak dan jadi tau bahwa blog ternyata asik juga. Bisa mencurahkan isi hati, pikiran, ide sesukanya, asiknya lagi bisa di share ke orla(dilihat orang banyak). Keren dan asik juga ternyata.
Saya yang termasuk anti internet-jd agak gaptek-mulai menyukai internet.